Senin, 24 Oktober 2011

Layanan Pemberian Informasi di Psikologi

Bentuk informasi yang saya dapatkan dari Psikologi menurut saya hanya berupa lisan, tertulis dan program komputer saja. Kalau bentuk informasi audiovisual, saya merasa saya belum mendapatkannya di Psikologi. Nah kalau informasi dari segi bentuk lisan yang saya dapat dari Psikologi berupa informasi penting dari dosen Pembimbing Akademis, berupa informasi mengenai mata kuliah seminar, mata kuliah wajib. Selain itu juga saya mendapatkan informasi dari dosen dosen yang ada seputar tentang pengetahuan yang luas yang didapatkan dari pelatihan pelatihan yang diikuti. Kemudian juga seputar tentang informasi kejadian kejadian yang sedang update terjadi baik itu yang terjadi di dalam kampus ataupun diluar kampus. Kemudian kalau informasi bentuk tertulis, saya mendapatkannya dari informasi informasi yang ada di Mading tentang Jadwal mata kuliah dan jadwal ujian UTS ataupun UAS. Selain itu juga ada  informasi mengenai lowongan pekerjaan, seminar dan  beasiswa  dan dari papan pengumuman yang ada dipsikologi tentang workshop dan juga pelatihan pelatihan. Dan kalau informasi bentuk  program komputer itu saya dapatkan  dari grup facebook Satukan Hati Untuk Psikologi, kemudian Portal  yang memberikan informasi tentang pengumuman, beasiswa dan perlombaan perlombaan yg bermanfaat dan seputar tentang pekerjaan serta seminar.

Nah kalau dari segi tipe informasi yang saya dapatkan itu hanya 2 saja. Yakni informasi tentang pendidikan kampus dan dunia pekerjaan.
Nah kalau dari tipe informasi pendidikan kampus,saya mendapatkannya sewaktu masa masa POMB dulu.Dimana sewaktu POMB dulu saya mendapatkan informasi mengenai sistem perkuliahan yang ada dikampus Psikologi,kemudian peraturan peraturan kampus Psikologi dan informasi mengenai beasiswa yang ada di Psikologi.
Nah kalau informasi tentang dunia pekerjaan yang didapat dari sharingsharing daripara alumni Psikologiyang menceritakan seputar pengalaman bekerja dan pekerjaan pekerjaan yang ada diluar. Selain itu juga didapat dari mata kuliah PIO yang memberikan informasi penting tentang dunia pekerjaan dan mata kuliah lain seperti Observasi dan Wawancara yang memberikan informasi bagaimana kita berprilaku saat menghadapi wawancara disaat melamar pekerjaan. 
   
Harapan Harapan Saya Kedepannya.
1.      Bentuk informasi audiovisual seharusnya dibuat di kampus Psikologi sehinggga dapat memperkaya informasi informasi untuk mahasiswa yang ada di Psikologi.
2.      Bentuk informasi program komputer yakni Portal yang terkadang salah mencantumkan nilai dan jumlah sks dari matakuliah yang diambil. Dimana seharusnya tidak salah mencantumkannya sehingga tidak membingungkan mahasiswa yang ada di Psikologi.
3.      Bentuk informasi tertulis yakni Mading  mengenai beasiswa sebaiknya lebih lagi informasinya dan lebih Up–to-date.
4.      Bentuk informasi program komputer yakni sistem informasi yang mana misalnya kalau ada mahasiswa yang bermasalah akan regristrasi maupun lupa password seharusnya memberikan informasi yang jelas harus melapor kemana sehingga mahasiswa tersebut tidak bingung.
5.      Informasi tentang matakuliah wajib atau pun mata kuliah pilihan sebaiknya dijabarkan dengan jelas dan tidak berubah ubah. Sehingga jelas bagi mahasiswa.


Winkel, W.S. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:Media Abadi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar